[ statistik - kkp]

Konsep dan Definisi
Pendapatan Domestik Bruto Produk Domestik Bruto merupakan suatu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu lapangan usaha/sektor/subsektor pada suatu periode waktu tertentu.
Nilai Tukar Nelayan Nilai Tukar Nelayan (NTN) merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kemampuan tukar ikan hasil tangkapan terhadap barang/jasa yang diperlukan untuk kebutuhan produksi maupun kebutuhan konsumsi rumah tangga. Secara definitif, Nilai Tukar Nelayan (NTN) adalah rasio antara indeks harga yang diterima nelayan (It) dengan indeks harga yang dibayar nelayan (Ib) yang dinyatakan dalam bentuk persentase.
Nilai Tukar Pembudidaya Ikan Nilai Tukar Pembudidaya Ikan (NTPi) merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kemampuan tukar ikan hasil budidaya terhadap barang/jasa yang diperlukan untuk kebutuhan produksi maupun kebutuhan konsumsi rumah tangga. Secara definitif, Nilai Tukar Pembudidaya Ikan (NTPi) adalah rasio antara indeks harga yang diterima pembudidaya ikan (It) dengan indeks harga yang dibayar pembudidaya ikan (Ib) yang dinyatakan dalam bentuk persentase.
Produksi Perikanan Produksi ikan adalah semua hasil penangkapan/budidaya ikan/binatang air lainnya/tanaman ir yang ditangkap/dipanen dari sumber perikanan alami atau dari tempat pemeliharaan, baik yang diusahakan oleh perusahaan perikanan maupun rumah tangga perikanan. Volume produksi dihitung dalam bentuk berat basah ikan hasil tangkapan/budidaya.
Rumah Tangga Perikanan Rumah Tangga yang melakukan kegiatan usaha perikanan (penangkapan dan atau budidaya) dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya untuk dijual, dengan demikian RTP merupakan unit ekonomi perikanan (penangkapan dan atau budidaya).
Nelayan Orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan.
Pembudidaya Ikan Orang yang mata pencahariannya melakukan kegiatan untuk memelihara, membesarkan, dan/atau membiakkan ikan serta memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol.
Lahan Budidaya Lahan dalam perikanan budidaya adalah lahan yang dimiliki dan atau dikelola perorangan, kelompok, badan usaha atau pemerintah yang khusus untuk kegiatan pembudidayaan ikan, baik ikan hias, benih ikan atau pembesaran. Lahan budidaya diklasifikasikan menurut wadah dan jenis perairannya